Laman

Kamis, 12 Februari 2015

TEKS PIDATO "CYBER BULLYING"

Ohayou!~
Postinganku kali ini bakal ngepost tentang teks pidato yang aku buat untuk ujian prektek :3 Tema pidato ku tentang "Cyber Bullying" mungkin teman-teman disini ada yang belum mengetahui tentang apa yang dimaksud Cyber Bullying, Cyeber Bullying itu hampir sama seperti bullying, tapi kalo ini menggunakan kata-kata, seperti mengejek seseorang dan sebagainya ^^ Nah! mari simak baik-baik...

Assalamua’laikum Wr. Wb. Salam sejahtera bagi kita semua,

Yang saya hormati Ibu Sri Atuti selaku Guru Bahasa Indonesia, dan yang saya banggakan teman-teman semua, Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya. Karena berkat rahmat dan karunia-Nya, kita dapat berkumpul di tempat ini dengan sehat dan tanpa ada kekurangan apapun.
Pada saat ini saya sangat berterimakasih, karena saya telah diberi kesempatan untuk menyampaikan sebuah pidato, pidato yang akan saya bawakan akan menyinggung sedikit menyenai “Cyberbullying”. Mungkin, masih banyak teman-teman disini yang belum tau apkah arti dari Cyberbullying itu sendiri atau bisa dikatakan kurang familiar didengar dan masih asing oleh telinga kita. Ada yang tahu apa yang disebut Cyberbullying itu? Cyberbullying itu sendiri adalah perilaku tercela yang bersifat anti sosial dan bersifat melecehkan atau merendahkan seseorang. Cyeberbullying berbeda dengan bullying yang sering kita dengar di telinga kita, perbedaannya dengan bullying adalah, Cyberbullying merupakan perilaku anti sosial yang melecehkan melalui perkataan, sedangkan bullying adalah perilaku anti sosial melalui kekerasan fisik kepada si korban. Perilaku seperti ini kebanyakan menimpa anak-anak atau remaja, baik dilakukan secara langsung, maupun tidak langsung, contohnya seperti melalui sosial media atau sejenisnya yang bertujuan untuk mengganggu, mempermalukan, dan mengintimidasi seseorang. Bentuknya macam-macam, misalnya seperti menyebarluaskan isu yang palsu untuk mempermalukan si korban, memposting foto-foto memalukan si korban, ancaman hingga berujung tindakan kekerasan.
Nah! Sekarang teman-teman yang masih asing atau belum pernah dengar dengan kata Cyberbullying jadi tau, apa yang dimaksud dengan Cyberbullying kan? Terkadang tanpa pernah kita sadari, saya dan mungkin teman-teman semua pernah melakukan Cyberbullying, meskipun hanya bermaksud untuk lucu-lucuan, dan tanpa kita sadari pula walaupun kita tidak bermaksud untuk melecehkan, hal itu telah menyinggung dan menyakiti perasaannya apabila tidak sesuai dengannya. Korban Cyberbullying bisa menjadi marah dan mungkin bisa saja mempunyai niat balas dendam. Sehingga yang awalmulanya hanya sebuah masalah yang sepele malah berakhir dengan pertengkaran. Istilah yang sedang tren saat ini adalah “labrakan”.
Teman-teman yang saya banggakan, saya mempunyai beberapa tips nih! Untuk mencegah tindakan Cyberbullying yang mungkin diantara teman-teman semua pernah menjadi korban Cyberbullying atau yang belum pernah mengalaminya:
1. Jangan respon para perilaku pembully. Kita harus sabar dan jangan sampai kita terbawa emosi, jika sampai terbawa emosi akan timbul pertengakaran.
2. Berpikir positif apabila mengalami aksi Cyeberbullying mungkin itu hanya bercanda saja.
3. Jangan membalas aksi pelaku, membalas apa yang dilakukan pelaku terhadao anda, akan ikut juga menjadikan anda sebagai pelaku dan malah semakin menyebarluaskan perilaku ini.
4. Selalu berperilaku sopan dimanapun. Perilaku buruk yang dilakukan seperti membicarakan orang, bergosip, atau bahkan lebih parahnya memfitnah akan meningkatkan resiko seseorang menjadi korban Cyeberbullying.
Itulah beberapa tips yang bisa sya berikan, dan semoga bermanfaat untuk teman-teman. Jadi kesimpulannya Cyberbulling merupakan salah satu perilaku yang sedang tren atau sering dialami oleh para pelajar. Cyberbullying tidak boleh dilawan dengan kekerasan, namun justru harus dirangkul dan dibina.
Untuk itu saya menghimbau kepada teman-teman semua untuk dapat mengurangi atau dapat menanggulangi aksi ini. Yang pasti kita tidak boleh menghina dan mengumbar aib atau kekurangan seseorang. Dan semoga kita dapat menjadi penerus bangsa yang dapat merubah perilaku-perilaku tercela yang masih menjadi kasus di Indonesia dan merubah indonesia menjadi lebih baik lagi kedepannya.
Sepertinya sudah lama saya berpidato, dan semoga ini dapat bermanfaat untuk kita semua, dan lebih berhati-hati lagi dalam kita menjaga ucapan kita, meskipun sampai kemarin mungkin saya masih sering melakukan cyberbullying, hehehe, dan niatnya hanya untuk bercanda. Mungkin, juga diantara teman-teman disini ada yang hampir sama seperti saya, jadi mari kita memperbaiki perilaku kita bersama-sama. Demikian yang dapat saya sampaikan, apabila ada kata yang kurang berkenan di hati teman-teman, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena apabila ada kata-kata saya yang kurang berkenan di hati teman-teman, saya juga sudah melakukan cyberbullying. Hehehe...
Wassalamua’laikum Wr. Wb.

Udah dulu yah! ini dibuat hanya untuk kepentingan ujian praktik doang:3 Sampai ketemu lagi di postinganku selanjutnya! :v

12 komentar:

  1. umm, kak, boleh gak kalo pidato kakak saya jadikan referensi untuk naskah pidato saya? Terimakasih

    BalasHapus
  2. Hi ka,emm boleh ngga kalo aku ngmbil sedikit kata2 dari pidato kaka?ngga dijiplak bngt ko hhe

    BalasHapus
  3. Hi ka,emm boleh ngga kalo aku ngmbil sedikit kata2 dari pidato kaka?ngga dijiplak bngt ko hhe

    BalasHapus
  4. Hi ka,emm boleh ngga kalo aku ngmbil sedikit kata2 dari pidato kaka?ngga dijiplak bngt ko hhe

    BalasHapus
  5. hai kak aku boleh gak mengambil sedikit kata kta kakak untung di buat tugas pidato ku ???

    BalasHapus
  6. Kak ijin ambil cara menanggulanginya

    BalasHapus
  7. Maaf kak boleh ku jdi kan referensi

    BalasHapus
  8. Kak boleh gak kalau pidato kaka saya jadiin referensi untuk saya?
    Terimakasih.

    BalasHapus
  9. thanks!btw salfok sama backroundnya..lucu bgt<3

    BalasHapus
  10. halo kak terimasikasi buat pidatonya saya buat jadi referensi buat pidato saya yah kak

    BalasHapus